merawatingat

 

Tahukah kalian bahwa untuk menjaga keutuhan negara Indonesia dari adanya disintegrasi (perpecahan). Maka, diperlukan suatu sikap yang menjunjung tinggi semangat toleransi. Sebab dengan toleransi maka kita dapat hidup rukun dan tentram dalam perbedaan-perbedaan yang ada di dalam negara Indonesia. Baik meliputi agama, etnis, ras, masyarakat antargolongan bahkan gender.

Toleransi berasal dari bahasa Latin, tolerare yang memiliki arti “sabar membiarkan sesuatu”.   Atau toleransi sederhananya dapat kita pahami sebagai suatu sikap menerima perbedaan pada setiap diri manusia. Ada banyak prilaku-prilaku yang mencerminkan sikap toleransi yang tentunya dapat kalian jadikan pelajaran.

Pertama , Toleransi di Lingkungan Sosial

Kalian bisa mulai dengan mengikuti acara-acara sosial yang diadakan oleh desa atau kecamatan. Kalian dapat berbaur dan meleburkan diri ke dalam perbedaan-perbedaan yang ada pada masyarakat. Biasanya lingkungan masyarakat desa atau kecamatan melakukan kegiatan-kegiatan seperti; kerja bakti,  upacara bendera, lomba hari kemerdekaan,  musyawarah desa, dan  kegiatan-kegiatan lainnya.  

Tentu kegiatan tersebut bisa kalian jadikan kesempatan untuk mengenal lebih dekar tentang perbedaan yang ada di dalam masyarakat. Hal ini akan membantu kamu untuk mengidentifikasi orang-orang yang ada di sekitarmu dari berbagai latar belakang. Mengikuti acara sosial di lingkungan tempat tinggal akan membantu Anda lebih menghormati dan menghargai orang lain yang berbeda dengan Anda.

Kedua, Bergaul dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan

Sebagai bangsa Indonesia yang memiliki rasa kemanusiaan, hendaknya kita dapat berteman atau bersahabat dengan siapa saja tanpa membedakan ras, suku atau agamanya. Hal ini dapat menciptakan keakraban dan kebersamaan dalam diri bangsa Indonesia. Dengan tidak membeda-bedakan teman membuat kita lebih hidup damai dan harmonis. Antara satu dan lainnya saling menerima sehingga persatuan dan kesatuan dapat dipupuk melalui sikap tersebut.

Ketiga, Berusaha Berbuat Baik dan Ramah kepada Semua Orang

Sebagai manusia yang ber-Pancasila haruslah berprilaku baik dan tentu dalam berbuat baik sebaiknya tidak dilakukan secara pilih-pilih. Alangkah lebih bijaksana jika kita sebagai manusaia dapat membantu orang lain yang kesulitan tanpa melihat suku, ras, agama atau pekerjaannya. Sehingga dengan sikap tersebut diantara kita akan terjalin solidaritas dan persaudaraan dalam perbedaan.

Keempat, Menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita

Ditengah perbedaan bangsa Indonesia yang sangat tinggi. Perbedaan pendapat merupakan sesuatu yang akan sering kita jumpai. Baik itu di sekolah maupun dalam kehidupan lingkungan masyarakat. Namun, kita sudah sepatutnya dewasa dalam menyikapi perbedaan pendapat orang lain yang berbeda dengan kita. Contoh sikap yang perlu kita lakukan berkaitan dengan toleransi masyarakat dalam perbedaan pendapat yakni dengan menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita. Jangan memaksakan kehendak kita kepada orang lain yang tidak sepemikiran dengan kita karena hal tersebut bukan sikap terpuji. Kita juga harus lapang dalam menerima pendapat yang disampaikan oleh lawan bicara kita dan jikapun pendapat kita tidak disetujui maka kita wajib mengikuti keputusan yang dianggap baik melalui musyawarah. Tentunya, untuk kebaikan bersama.

Kelima, Menghormati Orang Lain yang Berbeda Agama

Sikap toleransi juga dapat diwujudkan dengan menghormati orang lain yang berbeda keyakinan dan kepercayaan (agama). Jangan sampai kita yang erbeda agama menghalangi orang dari agama lain untuk melakukan ibadah yang dianutnya dan jangan mengganggu tempat peribadatannya. Selain itu, kita juga dilarang untuk mengatakan hal-hal buruk pada agama yang dianut oleh orang lain. Apalagi sampai menggunjingnya dengan berdebat tentang ajaran agama yang paling benar. Hal demikian hanya akan menimbulkan perpecahan.

Dari kelima prilaku toleransi yang sudah diulas, masih banyak contoh sikap yang bisa kalian temukan dan kalian pelajari dalam memahami toleransi dalam kehidupan sehari-hari sebagai bangsa Indonesia. Semoga kalian dapat mengambil hikmah dari apa yang menjadi poin penting dalam tulisan ini. Selamat merawatingat.



2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama